Bahaya PARABEN kepada kita

18:24


Apa itu paraben?


Paraben adalah kelompok bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet dalam lotion, conditioner, shampo, deodorant bahkan bahan makanan dan minuman. Bahan ini terdaftar pada label, dengan nama antara lain; methylparaben, butylparaben, ethylparaben, benzylparaben, isobutylparaben, dan propylparaben. Bahan ini juga dijual dengan nama kosmetik yang berbeda, termasuk Germaben II dan Minyak LiquiPar.
Bahaya Paraben pada Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Apa masalahnya?
Sejak tahun 2000, berbagai studi telah menunjukkan bahwa paraben menampilkan aktivitas estrogenik.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa paraben terakumulasi pada jaringan kanker payudara. Meskipun banyak pihak yg mendukung penggunaan paraben mengklaim bahwa tubuh bisa memisahkan kimia yg masuk ke tubuh, tetapi studi yg sama juga menemukan bahwa paraben terakumulasi dalam sel tumor dan tidak bisa dipisahkan/dihancurkan oleh tubuh. Juga telah dibuktikan bahwa paraben bertindak seperti estrogen dan terakumulasi dalam tubuh dan menyebabkan kanser reproduksi seperti kanser payudara, kandung kemih, dll). Bahkan The European Journal of Cancer Prevention melaporkan bahwa penggunaan produk yang mengandung paraben dan seringnya memakai deodorant ada kaitannya dengan awal mula terdiagnosanya kanser payudara. Sangat dimungkinkan jika paraben dan bahan kimia lainnya yang terkandung didalam produk perawatan tubuh dan kecantikan menjadi penyebab nampak negative pada kesehatan kita.

Apakah semua orang setuju tentang hal ini?

Tentu saja tidak. Perusahaan Kimia dan kosmetik mencintai paraben karena mereka memproduksi produk yg memiliki masa kadaluarsa yg panjang dan murah.

Mengapa tidak dilarang pemerintah?

Kerana mereka mengklaim bahwa bukti tersebut tidak konklusif/tidak kuat. Pemerintah juga tidak ingin menginjak jari kaki (bahasa halusnya menegur) perusahaan kosmetik dan farmasi karena hubungan dekat mereka (for sure u ol faham).

Apakah paraben memiliki nama lain?
Beberapa perusahaan tidak menuliskan paraben secara benar, seperti menuliskan dengan nama Germaben II (jadi konsumen harus hati-hati dan belajar agar pintar memilah produk yang sehat dan tidak sehat).

Sumber:
Parabens dan Kanker Payudara, Breast Cancer Fund Homepage

Toxic Burden: Women Put 515 Chemicals on Their Faces Every Day

http://www.breastcancerfund.org/search/?cx=007611168573976245246%3Aji0tuujipna&cof=FORID%3A10&ie=UTF-8&q=parabens+safe+cosmetics&siteurl=www.breastcancerfund.org%2F&ref=www.breastcancerfund.org%2F&ss=7008j40046210j3

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images